6 Tips Agar AC Lebih Hemat Listrik

Posted on

6 Tips Agar AC Lebih Hemat Listrik Dari DEXA AC Solo

Berikut beberapa point yang harus Anda ketahuin agar AC lebih hemat listrik dan tagihan tidak membengkak. Simak pembahasan 6 tips agar AC lebih hemat listrik :

1. Jangan Setel Suhu Remote AC Anda Dibawah 22

Ini adalah kesalahan nomor satu hampir semua orang yang tidak paham dengan cara kerja AC. Kebanyakan pengguna AC menyetel suhu remote AC pada 16 agar cepat dingin tetapi ini salah.

Sebelum itu mari kita diskusikan cara kerja AC pada umumnya (bukan inverter). Apabila anda menyetel suhu remote AC pada 22 maka kompressor AC akan bekerja untuk membuat suhu ruangan berada di 22. Pada saat AC mendeteksi bahwa suhu ruangan berada di 22 maka kompressor AC akan berhenti bekerja sehingga angin yang keluar dari AC akan seperti angin dari kipas angin.

Permasalahannya adalah apabila anda menyetel suhu remote pada 16 (suhu minimum) maka kompressor AC akan terus bekerja agar suhu ruangan berada di 16. Masalah timbul karena kita berada di Indonesia dimana suhu kamar hampir tidak mungkin bisa berada pada 16.

Berikut adalah akibat suhu kamar yang tidak mungkin bisa mencapai 16 :

Kompressor AC terus menerus bekerja untuk mencapai suhu 16 yang tidak mungkin tercapai. Kompressor tidak pernah istirahat dan terus bekerja 100% sehingga ini akan memperpendek usia kompressor. Untuk AC inverter maka kompressor terus menerus bekerja yang mengakibatkan hampir tidak ada penghematan dibanding AC biasa.

Dalam kondisi normal AC inverter akan bekerja dengan amat cepat & keras untuk mendinginkan ruangan sebelum bekerja seminimal mungkin. Karena kompressor terus menerus bekerja keras maka bisa jadi biaya listrik AC inverter malah menjadi lebih mahal.

Jadi anda bisa lihat bahwa dengan menyetel suhu remote paling minimum 22 maka anda sudah melakukan penghematan dan AC anda juga lebih awet.

2. Pastikan Anda Memilih PK AC Yang Tepat Sesuai Kebutuhan Ruangan.

Apabila anda memilih PK AC yang tepat sesuai kebutuhan ruangan anda. Apabila anda menyetel remote AC pada 22 tetapi ruangan tidak dingin maka kemungkinan besar anda telah salah memilih PK pada AC anda.

Berikut adalah panduan umum dari kami pada saat memilih PK pada AC:

  • 1/2PK = 5000 Btu/h (ukuran ruangan 10m2)
  • 3/4PK = 7000 Btu/h (ukuran ruangan 14m2)
  • 1PK = 9000 Btu/h (ukuran ruangan 18m2)
  • 1 1/2PK = 12000 Btu/h (ukuran ruangan 24m2)
  • 2PK = 18000 Btu/h (ukuran ruangan 36m2)

Kami juga menyarankan anda untuk tidak memilih PK AC yang terlalu pas dengan ruangan anda karena ada beberapa faktor lainnya yang ikut mempengaruhi seperti berapa orang yang menggunakan AC di ruangan tersebut dan peralatan elektronik lainnya yang juga bisa memberikan panas tambahan pada ruangan.

3. Lakukan Cuci AC Dengan Rutin Minimal 3 Bulan Sekali.

AC yang kotor akan membutuhkan kerja extra untuk mendinginkan ruangan. Untuk mendinginkan ruangan yang biasa hanya membutuhkan kecepatan fan 1 mungkin jadi membutuhkan kecepatan fan 2/3/maksimum. Ini mengakibatkan kompressor AC yang bekerja lebih keras dari seharusnya yang akhirnya mengakibatkan AC cepat rusak dan lebih boros listrik.

Selain itu anda juga harus memperhatikan unit AC outdoor karena apabila sudah kotor dan berdebu maka unit AC outdoor tidak akan bisa membuang panas dengan semaksimal mungkin.

Pastikan anda mencuci AC anda dengan rutin minimal 3 bulan sekali.

4. Bersihkan Debu Di Atas Lemari & Di Dinding Tembok Secara Rutin.

Musuh utama bagi AC adalah debu. Debu yang menumpuk di atas lemari atau dinding tembok akan disaring oleh AC dan menyulitkan kerja AC. Semakin banyak debu yang menempel pada AC maka akan mengakibatkan kerja AC yang semakin sulit dan anda harus melakukan cuci AC lebih sering lagi.

Karena itu kami sarankan anda untuk membersihkan debu diatas lemari dan dinding tembok secara rutin karena ini akan membantu kinerja AC secara tidak langsung.

5. Hindari Buka Tutup Pintu Ruangan & Sebisa Mungkin Pasang AC Di Ruangan Tertutup.

Sebelumnya kita sudah menjabarkan cara kerja AC dimana AC akan berusaha untuk mendinginkan ruangan menjadi suhu yang disetel pada remote AC. Pada saat pintu ruangan dibuka tutup terus menerus maka suhu dalam ruangan tidak akan stabil karena hawa panas dari luar akan masuk ke dalam ruangan.

Kondisi ini akan membuat AC bekerja terus menerus untuk menstabilkan suhu dalam ruangan. Apabila AC anda dipasang diruang terbuka maka otomatis ruangan anda akan amat sulit mencapai suhu yang diinginkan sehingga AC akan terus menerus bekerja maksimal. Dalam ruangan terbuka juga luas ruangan yang harus didinginkan menjadi amat besar dan kemungkinan besar diatas kemampuan AC tersebut dalam mendinginkan.

6. Jangan Langsung Menyalakan AC apabila AC baru dimatikan.

Poin terakhir yang ingin kami berikan adalah untuk hindari langsung menyalakan AC anda apabila AC baru dimatikan. Sering kali pengguna AC salah menekan tombol off pada AC yang langsung diteruskan dengan tombol ON.

Berikan waktu beberapa menit pada oli kompressor dan freon untuk kembali ke kompressor. Dengan melakukan ini maka kompressor AC anda akan lebih awet.